Menu

Mode Gelap

Tekno & Sains · 20 Mar 2021 04:34 WIB ·

Laporan Penelitian: Penggunaan Media Video Pembelajaran di SMP Karang Arum selama Pandemi

Abstaksi:

Pembelajaran kini tidaklah selalu mengandalkan guru sebagi pemberi asupan materi. Saat ini begitu banyak akses yang menyebabkan siswa mendapatkan informasi materi ajar. Sebagian guru yang tidak membuka diri akan kemajuan teknologi cenderung menjadi gagap teknologi. Akibatnya, seringkali kita melihat seorang guru tidak mengetahui bagaimana menggunakan media pembelajaran, padahal sarana dan prasarana tersedia di sekolah.

Saat pandemi inilah guru ditantang untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Melalui berbagai alternatif pembelajaran, seharusnya mampu menciptakan materi yang menarik sehingga siswa-siswi tidak merasa bosan dalam memperdalam materi ajar. Salah satu yang harus skill yang harus dikembangkan oleh seorang guru adalah membuat video pembelajaran, khususnya di SMP Karang Arum.

Melalui penelitian ini, diharapkan siswa mampu belajar secara maksimal dengan perangkat pembelajaran, salah satunya melalui media video pembelajaran.

————-

Dalam suatu proses pembelajaran, penyampaian materi ajar terhadap siswa dengan benar merupakan harapan bagi semua guru. Namun kenyataannya meskipun berbagai upaya telah dilakukan tidak menutup kemungkinan halangan selalu ada. Untuk itu guru harus selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuannya baik penguasaan secara teoritis, praktis termasuk penggunaan berbagai media pembelajaran.

Mengingat perkembangan zaman terus terjadi dan berbagai alat teknologi dan informaasi masuk ke negara kita menjadikan segala hal yang berkaitan dengan upaya mendapatkan materi dapat dengan mudah didapatkan oleh siswa. Jika keadaan demikian, tidak menuntut kemungkinan guru saat ini bukan lagi sebagai satu-satunya sumber informasi, bahkan tidak menutup kemungkinan siswa lebih mengetahui apa-apa daripada gurunya. Guru yang tidak mempunyai kepekaan terhadapt perkembangan zaman dikhawatirkan tidak bias mengimbangi peningkatan akan keterampilan-keterampilan mengajar yang up to date.

Maka yang perlu dilakukan oleh seorang guru saat ini adalah terus-menerus melakukan update metode dan penguasaan terhadap media pendidikan. Metode dan media memang tidaklah dapat dipisahkan mengingat dalam praktisnya keduanya selalu melebur menjadi satu sebagai paket pembelajaran. Walaupun ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam pemilihan media, seperti: konteks pembelajaran, karakteristik pebelajar, dan tugas atau respon yang diharapkan dari pebelajar (Arsyad, 2002). Sedangkan menurut Criticos (1996), tujuan pembelajaran, hasil belajar, isi materi ajar, rangkaian dan strategi pembelajaran adalah kriteria untuk seleksi dan produksi media. Dengan demikian, penataan pembelajaran (iklim, kondisi, dan lingkungan belajar) yang dilakukan oleh seorang pengajar dipengaruhi oleh peran media yang digunakan.

….. ……..

Penulis: Ivan Masdudin
Link full PDF: Klik

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengenal Aplikasi Ujian Online SMA Karang Arum yang kini Diofflinekan per Kelas

27 August 2021 - 04:54 WIB

How Technology Is Changing How We Treat Clothes

31 July 2021 - 13:17 WIB

SMA Karang Arum Juara 3 Lomba Pidato se-Kabupaten Bandung dalam acara Pentas PAI 2023

31 July 2021 - 13:12 WIB

The Seven Secrets About Papaya Only A Handful Of People Know.

31 July 2021 - 13:08 WIB

The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers

31 July 2021 - 13:02 WIB

Ten Moments That Basically Sum Up Your Virtual Reality Experience

31 July 2021 - 12:49 WIB

Trending di Tekno & Sains